Respons Gagasan Sports Tourism Sandiaga, HMI Minta Pemuda dan Komunitas Lokal NTB Dilibatkan

Respons Gagasan Sports Tourism Sandiaga, HMI Minta Pemuda dan Komunitas Lokal NTB Dilibatkan

Senin, 18 Januari 2021 17:01 WIB
Ketua Komisi Pemuda dan Mahasiswa PB HMI-MPO Kapitang Munaseli. (Dok. Pribadi)

Jakarta, NTBnews.com – Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI-MPO) mendukung gagasan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno terkait pengembangan wisata berbasis olahraga atau sports tourism di Tanah Air.

Ketua Komisi Pemuda dan Mahasiswa PB HMI-MPO Kapitang Munaseli yang juga mantan sekertaris umum HMI MPO Cabang Mataram 2015-2016 ini menilai gagasan Sandiaga tersebut bila dikembangkan dengan baik bisa menjadi solusi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Apalagi memasuki tahun 2021 ini kita dihadapkan dengan berbagai tantangan,” kata Kapitang dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (17/1/2020).

Alumni UNDIKMA Mataram ini juga meminta Menparekraf agar melakukan koordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali terkait kebijakan tersebut agar pemuda lokal dilibatkan dalam program sports tourism.

“Tentu ini sekaligus menindaklanjuti MoU antara Kemenpora dan Kemenparekraf yang ditandatangani pada peringatan Hari Olahraga Nasional ke-37 beberapa waktu lalu. Terdapat tiga ide yang akan dikembangkan nanti, di antaranya sport tourism, sport side, dan sport industry,” jelas Kapitang.

Menurut dia, dengan adanya keterlibatan pemuda di daerah wisata setempat, maka dapat menghidupkan roda ekonomi, menciptakan lapangan kerja dan mengurangi pengangguran.

Ia pun mendesak pemerintah berkolaborasi dengan masyarakat khusunya pemuda, sehingga program sports tourism dirasakan manfaatnya oleh masyarakat NTB.

“Kemarin kan Pak Menteri sudah tinjau lokasi dan merasakan betapa indahnya Mandalika serta peluang sports tourism-nya sangat besar, yang akan mendatangkan kesejahteraan untuk rakyat,” jelasnya.

Dalam pernyataannya, Menparekraf sudah melakukan persiapan. Sejumlah pihak mulai menggunakan The Mandalika sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang akan difokuskan untuk quick wins. Sport tourism pun sudah disiapkan.

Apalagi didukung ITDC dan komunitas olahraga. Sehingga The Mandalika dinilai sebagai tempat yang layak untuk sport tourism.

Sandiaga juga sudah mencoba berenang, bersepeda, dan berlari serta merasakan infrastruktur di Mandalika yang sangat representatif untuk sport tourism.

Kapitang pun mengajak pemuda dan komunitas lokal NTB untuk ikut berpartisipasi dan menyukseskan program ekonomi Menparekraf.

“Indonesia ini sangat berpotensi untuk wisata olahraga itu,” pungkasnya. (ln)