News  

Mengenal Lima Kuliner Khas Lombok yang Menggugah Selera

Mataram, ntbnews.com – Pulau Lombok, yang terletak di Nusa Tenggara Barat, dikenal bukan hanya karena keindahan alamnya yang memesona, tetapi juga karena ragam kuliner khasnya yang menggugah selera.

Berikut ini adalah lima kuliner khas Lombok yang patut dicicipi saat berkunjung ke pulau indah ini:

1. Ayam Taliwang

Sebagai salah satu kuliner paling terkenal di Lombok, Ayam Taliwang menawarkan cita rasa pedas khas dengan aroma rempah yang menggugah selera. Potongan ayam yang diolah dengan bumbu tradisional khas Taliwang, kemudian dipanggang hingga matang sempurna, menciptakan sensasi rasa yang menggoyang lidah.

2. Plecing Kangkung

Bagi pecinta sayuran, Plecing Kangkung adalah hidangan yang wajib dicoba. Kangkung segar disajikan dengan sambal pedas khas Lombok yang terbuat dari cabai, tomat, bawang, dan bumbu rempah lainnya. Rasanya yang pedas dan segar, membuat hidangan ini menjadi favorit di meja makan Lombok.

3. Bebalung

Makanan khas Lombok yang satu ini tak kalah menggugah selera. Bebalung, atau tulang rusuk sapi, dimasak dengan bumbu khas Lombok seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabai merah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal pedas.

4. Sate Rembiga

Siapa yang tak kenal dengan sate? Sate Rembiga adalah varian sate khas Lombok yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil, kemudian ditusuk dan dibakar hingga matang. Sate ini disajikan dengan bumbu kacang yang kaya rasa, lengkap dengan irisan daun bawang dan tomat.

5. Sate Bulayak

Kuliner khas Lombok lainnya adalah Sate Bulayak. Dalam hidangan ini, daging ayam atau sapi dimasak dengan bumbu khas Lombok yang lezat, lalu dibungkus dengan daun lontar yang telah diolah khusus. Proses pemasakan dengan bungkusan daun lontar memberikan aroma khas yang menggugah selera.

Bagi para pecinta kuliner dan wisatawan, menjelajahi kuliner khas Lombok menjadi pengalaman tak terlupakan. Jika Anda berkesempatan mengunjungi pulau ini, jangan lewatkan untuk mencicipi kelima kuliner khas yang menggugah selera ini. Selamat menikmati!.(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *