Remaja Jangan Salah Melangkah! Ini Empat Faktor Penyebab Kenakalan Remaja

Foto: Ate Peserta AKSI ASIA 2024

NTBNEWS.COM- Komedian Beraksi, Ate Lucu dan Penuh Makna, Remaja Jangan Salah Langkah, Aksi Asia 2024.

Tampil ceramah, Ate menjelaskan tentang sosok remaja, remaja merupaka masa dimana seorang anak telah menginjak usia transisi dari masa kanak-kanak menuju dewasa, atau yang kita kenal juga dengan istilah Mukalaf ialah seorang yang telah memenuhi beberapa kriteria untuk mengandang kewajiban dari Allah SWT sebagai konsekuensi dari beban taklifnya.

Seorang yang telah menginjak usia remaja, ketika melakukan dosa maka dosanya ditanggung sendiri, dan seorang remaja perlu melakukan muhasabah diri agar menjadi remaja yang baik.

Dalam kesempatan ini juga Ate peserta AKSI ASIA 2024, juga menjelaskan beberapa faktor penyebab kenakalan remaja, pertama itu karena kurangnya pendidikan Agama, Pendidikan agama meliputi tiga poin, iman, islam, ikhsan
Sebagaimana Allah SWT menjelaskan dalam (Qs. Al-Mujadillah Ayat:1) “Sesungguhnya Allah Akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu dengan beberapa derajad”

Kurangnya pendidikan agama, dapat mengakibatkan iman remaja akan lemah dan akan menjerumuskan mereka ke hal-hal yang kurang baik, oleh karenanya perlu pendidikan agama yang matang.

Faktor kedua adalah kurangnya teladan orang tua pada anaknya, karena bagaimanapun buah tidak akan pernah jatuh jauh dari pohonnya, begitulah pepatah dan sebagaimana Allah SWT menjelaskan dalam (QS. Attahrim Ayat: 6) “Hai Orang-Orang Beriman Peliharalah Dirimu Dan Keluargamu Dari Siksa Api Neraka”.

Faktor ketiga pengaruh lingkungan hal ini dapat mempengaruhi remaja, terutama hal-hal negative, maka factor lingkungan ini menjadi tanggung jawab orang tua untuk memperhatikannya.

Terakhir faktor keempat pengaruh perkembangan teknologi, jika teknologi ini tidak dimanfaatkan dan dikelola dengan baik maka ini akan menjadi masalah bagi perkembangan remaja, namun jika dikelola secara proporsional maka ini akan menjadi hal yang baik untuk masa depan generasi. Tutupnya.

Editor: mk
Sumber: @YouTube_Indosia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *