Kolaborasi Internasional, Uhamka Komitmen Tindak Lanjuti Kerja Sama dengan Jungwon University Korea

Foto : Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) melaksanakan kunjungan ke Jungwon University Korea Selatan.

JAKARTA,NTBNEWS.COM- Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka)  melaksanakan kunjungan ke Jungwon University Korea Selatan dalam rangka realisasi program internasionalisasi, Rabu (6/3/24).

Program ini merupakan suatu langkah yang dilakukan sebagai bentuk komitmen Uhamka dalam mempertajam fokus kerja sama terutama dengan universitas di luar negeri melalui penguatan jejaring kerja sama dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat di ranah internasional.

Kedatangan Tim Uhamka yang terdiri dari Prof. Herri Mulyono selaku Ketua Lembaga Pembinaan Publikasi, Perankingan, dan Kerja Sama Urusan Internasional (LP3KUI), Somariah Fitriani selaku Kepala Divisi Perankingan LP3KUI, Puri Pramudiani selaku Kepala Divisi Kerja Sama dan Urusan Internasional LP3KUI, dan Rizka Anita selaku Staf Divisi Perankingan LP3KUI disambut hangat oleh Yunwon Hwang selaku President Jungwon University.

Kegiatan seremonial ini dihadiri pula oleh Daeyoung Ryu selaku Dean of the College of Liberal Arts, Sangyeol Lee selaku Dean of the College of Social and Cultural Studies, Chunryun Jeon selaku Director of the International Exchange Center, Kim Eun Jeong and the team from Office of International Affairs Jungwon University.

Hwang menyatakan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat indah, sehingga ia menyambut baik kolaborasi antara Jungwon University dan Uhamka Jakarta, Indonesia. Lebih lanjutnya, Hwang berharap bahwa kolaborasi yang dapat dilakukan dalam bidang pertukaran mahasiswa menggunakan sistem two plus two.

“Para mahasiswa Jungwon University dapat belajar 2 tahun di Korea dan 2 tahun di Indonesia, begitupun sebaliknya, mahasiswa Uhamka pun berkesempatan untuk melaksanakan kuliah di Jungwon University,” tutur Hwang.

Di lain pihak, Prof. Herri Mulyono selaku Ketua LP3KUI Uhamka menyatakan maksud dan tujuan kolaborasi kedua universitas ini adalah melakukan pertukaran dosen (staff mobility) dan juga pertukaran mahasiswa dalam perkuliahan (student mobility), short courses, magang, dan kegiatan akademik mahasiswa lainnya.

“Kegiatan lainnya yaitu, menyelenggarakan kegiatan akademik bersama seperti konferensi, lokakarya, publikasi, dan seminar; melakukan kolaborasi dalam pengembangan program dan konten pembelajaran; melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat bersama dalam bidang-bidang yang relevan; serta berkolaborasi dalam bentuk lain yang disepakati kedua universitas,” ujar Prof. Herri.

Dalam kesempatan tersebut, Puri Pramudiani selaku Kepala Divisi Kerja Sama dan Urusan Internasional mempresentasikan Profil Uhamka. Puri menyatakan bahwa Uhamka merupakan universitas ternama di Jakarta yang telah memiliki akreditasi unggul yang memiliki beberapa fakultas pada jenjang sarjana (S1) dan pasca sarjana (S2 dan S3), serta memiliki Program Pendidikan Profesi Guru.

“Banyak sekali program internasional yang sudah dilakukan oleh Uhamka diantaranya International Credit Transfer Program; International Joint Research; Magang, Praktik Lapangan dan Kuliah Kerja Nyata ke Krabi Thailand, Malaysia, Jepang, dan lain-lain; Student and Staff Mobility Program kerja sama dengan Universitas Utara Malaysia; Central Luzon State University, Philipines; Sofia University, Bulgaria; Erasmus; Asia University Taiwan; Tottory University Japan; Beijing University of Chemical Technology, Chinese; University of California Davis, USA; dan lain sebagainya,” pungkas Puri.

Lebih lanjutnya, Somariah Fitriani selaku Kepala Divisi Perankingan menyatakan bahwa Uhamka termasuk Perguruan Tinggi Islam terbaik di Jakarta dan di dunia, dan juga termasuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah terbaik di Indonesia. Somariah menyatakan bahwa banyak sekali artikel internasional terindeks scopus yang dihasilkan oleh para Dosen Uhamka yaitu sebanyak 118 artikel pada tahun 2020, 153 artikel pada tahun 2021, 128 pada tahun 2022, dan 102 artikel pada tahun 2023, karena Uhamka memiliki target untuk menghasilkan lebih dari 1000 publikasi dosen. Selain itu, jumlah sitasi Dosen Uhamka dari tahun 2020 – 2023 hampir mencapai angka 2000.

“Dengan adanya kolaborasi antara Uhamka dan Jungwon University diharapkan dapat menjadi pengalaman akademik yang baik antar mahasiswa dan para civitas akademika di kedua universitas yang memiliki kultur yang beragam yang dapat saling melengkapi, dan juga sebagai wadah peningkatan mutu kedua universitas di tingkat internasional,” tutup Somariah. (*mk)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *