Ketua PP Muhammadiyah Saad Ibrahim Buka ToT LDK PP Muhammadiyah di Cirebon

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Saad Ibrahim

NTBNEWS.COM—Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Saad Ibrahim, membuka secara resmi acara Training of Trainer (ToT) Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) Pimpinan Pusat Muhammadiyah regional II (Jawa dan Bali). Kegiatan yang diikuti sebanyak 48 peserta ini berlangsung dari Jumat hingga Ahad (08-10/12) dengan pusat kegiatan di Universitas Muhammadiyah Cirebon.

Dalam acara pembukaan, Saad Ibrahim menyampaikan pesannya dengan mengutip ayat 1 Surat Al-Alaq yang memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk membaca atas nama Tuhan, meskipun beliau adalah bangsa Ummiy yang tidak bisa membaca dan menulis. Saad percaya bahwa ayat ini memberikan dorongan tidak hanya kepada Nabi, tetapi juga kepada umatnya agar meningkatkan kualitas literasi.

“Literasi adalah elan vital bagi kemajuan sebuah peradaban,” ujar Saad. Ia menekankan bahwa dunia literasi merupakan bagian terdepan dalam kemajuan, dan QS. Al-Alaq ayat 1 di atas tidak sekadar membangun peradaban, tetapi juga berbasis pada ajaran Tuhan atau Islam. Pengembangan literasi yang seperti itu, menurut Saad, akan menghasilkan peradaban yang tak lepas dari sifat keislaman.

Dalam harapannya, Saad Ibrahim berharap bahwa ToT dari LDK PP Muhammadiyah ini dapat menghasilkan literasi yang mampu membangun peradaban Islam. “Terima kasih kepada semua yang sudah memberikan fasilitas atas terselenggaranya kegiatan ini,” ucapnya.

Ketua LDK PP Muhammadiyah, Muchamad Arifin, menjelaskan bahwa kegiatan ToT LDK PP Muhammadiyah ini bertujuan agar setiap peserta memiliki bekal tentang strategi dakwah. Mereka diharapkan dapat terjun langsung ke wilayah masing-masing. Arifin menyampaikan bahwa ToT ini diadakan di lima titik, salah satunya di Cirebon, dan ia berharap agar acara ini sukses dan berjalan lancar.

Rektor Universitas Muhammadiyah Cirebon, Arif Nurudin, menyampaikan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadikan kampus ini sebagai tuan rumah penyelenggaraan ToT LDK PP Muhammadiyah. “Selamat datang kepada semua, kami mohon maaf apabila pelayanan kami ada yang tidak berkenan,” ucapnya sebagai sambutan hangat kepada para peserta. Semoga acara ToT ini dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan literasi dan dakwah di masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *