Amien Rais: Ada Skenario yang Dibangun Pemerintah agar Jokowi Bisa Jabat Tiga Periode

Amien Rais: Ada Skenario yang Dibangun Pemerintah agar Jokowi Bisa Jabat Tiga Periode

Senin, 15 Maret 2021 09:03 WIB
Pendiri Partai Ummat sekaligus anggota Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) Enam Laskar, Amien Rais. (Detikcom)

Jakarta, Ntbnews.com – Mantan politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengaku menangkap sinyal politik atau skenario yang mengarah agar Presiden Joko Widodo kembali terpilih hingga tiga periode.

Menurut dia, ada manuver politik yang dilakukan pemerintah saat ini untuk mengamankan semua lembaga negara, mulai dari DPR, MPR, DPD, hingga lembaga negara lain.

Manuver tersebut, kata Amien, salah satunya terlihat dari keinginan pemerintah menghapus prinsip-prinsip dasar negara yang terkandung dalam Pancasila. Lebih dari itu, keinginan pemerintah ini juga didukung oleh kekuatan politik dan keuangan yang besar.

“Yang lebih penting lagi yang paling berbahaya adalah ada usaha yang betul-betul luar biasa, skenario, dan backup politik serta keuangannya itu,” kata dia lewat akun YouTube pribadinya, Sabtu (13/3/2021) malam.

Amien menilai, kecurigaannya itu saat ini sedikit demi sedikit mulai jelas terlihat lewat sejumlah manuver politik.

Lewat manuver politik itu, ia menyebut, pemerintah akan mengambil langkah pertama dengan meminta MPR menggelar sidang istimewa. Sidang tersebut akan menawarkan presiden dapat kembali terpilih pada periode ketiga.

“Sekarang ada semacam publik opini yang mula-mula samar-samar, tapi sekarang makin jelas ke arah mana. Rezim Jokowi ini ke arah mana,” kata Amien.

“Nah, kalau ini betul-betul keinginan mereka, maka saya kira kita bisa segera mengatakan ya innalillahi wa inna ilaihi roji’un,” imbuhnya.

Pendiri Partai Ummat sekaligus anggota Tim Pengawal Peristiwa Pembunuhan (TP3) Enam Laskar itu berkata, skenario tersebut mestinya tak boleh terjadi.

Sebab, menurut dia, kekuatan rezim yang tak bisa dikritik akan menghancurkan demokrasi yang mengarah pada kehancuran negara.

Oleh sebab itu, Amien turut mempertanyakan sikap semua lembaga negara, baik DPR, MPR, maupun lembaga negara lain terkait kemungkinan presiden kembali terpilih di periode ketiga.

“Saya meminta saudara sekalian pada anggota DPR, MPR, DPD, lembga tinggi negara yang lain, akankah kita biarkan, plotting rezim sekarang ini? Akan memaksa masuknya pasal supaya bisa dipilih ketiga kalinya itu? Ini dugaan saya, bisa keliru. Kalau keliru saya minta maaf,” kata dia.

“Jadi saudara sekalian, it’s now or never itu maksud saya. Bukan hari ini atau bulan depan ya, masih ada waktu ya, bagaimana kita tekan Pak Jokowi,” imbuhnya. (cnn/lb)