Tuntut Persamaan Hak pada Taliban, Sejumlah Perempuan Afghanistan Lakukan Aksi Demonstrasi

Tuntut Persamaan Hak pada Taliban, Sejumlah Perempuan Afghanistan Lakukan Aksi Demonstrasi

Sabtu, 4 September 2021 22:09 WIB

Kabul, ntbnews.com – Sejumlah perempuan Afghanistan melancarkan aksi unjuk rasa di hari kedua untuk menuntut agar Taliban memenuhi hak-hak mereka.

Pada hari Sabtu (4/9/2021), sejumlah perempuan Afghanistan berunjuk rasa di Lapangan Pashtunistan Kabul dekat Kementerian Keuangan Afghanistan. 

Mereka meneriakkan slogan-slogan kebebasan, kesetaraan dan demokrasi, serta mengkritik kebijakan Taliban dan menuntut hak-hak politik, ekonomi dan budaya perempuan.

Para wanita yang berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut menekankan bahwa suara mereka harus didengar sebagai bagian dari masyarakat Afghanistan dan perempuan harus berperan dalam pemerintahan.

Demonstran meneriakkan slogan-slogan menentang penghapusan hak-hak perempuan dan menyerukan persamaan hak bagi perempuan dan laki-laki di bidang pendidikan, pekerjaan dan kebebasan sosial.

Pasukan Taliban menyerang sekelompok wanita di Kabul yang berkumpul untuk menuntut hak-hak mereka. Menurut salah satu wanita yang mengikuti aksi unjuk rasa ini, pasukan Taliban menggunakan gas air mata untuk membubarkan mereka.

Sejumlah perempuan Kabul juga turun ke jalan kemarin untuk menuntut hak mereka. Beberapa orang wanita di Herat, wilayah barat Afghanistan, juga dilaporkan memprotes Taliban pada Kamis.

Mereka menuntut kehadiran perempuan dalam pemerintahan baru Afghanistan. (pt/ln)