Zulkieflimansyah Sebut STIP sebagai Wahana untuk Mewadahi Ide Brilian Anak-Anak NTB

Zulkieflimansyah Sebut STIP sebagai Wahana untuk Mewadahi Ide Brilian Anak-Anak NTB

Jumat, 3 September 2021 06:09 WIB
Zulkieflimansyah

Mataram, ntbnews.com – Di hadapan ratusan siswa SMK yang hadir pada malam penganugerahan penghargaan SMK Gemilang Karya tahun 2021, Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, memaparkan berbagai tujuan dari hadirnya Science Teknologi dan Industrial Park (STIP). Salah satunya, mewadahi ide-ide cemerlang anak-anak NTB yang tak memiliki cukup ruang dan modal untuk mengekspresikan potensinya.

“STIP adalah wahana untuk mewadahi otak birlian anak-anak NTB. Sehingga mereka yang tidak memiliki modal akan disediakan ruangan, fasilitas, modal dan lain sebagainya,” ungkap di halaman STIP Provinsi NTB Banyumulek Lombok Barat, Kamis (2/9/21).

Menurut Zulkieflimansyah, hadirnya STIP sebagai upaya pemerintah untuk mengajarkan kepada anak-anak NTB agar mencintai sains dan teknologi. Karena maju dan berkembangnya daerah tak cukup dengan doa, tapi mereka disertai dengan penguasaan sains dan teknologi.

“Kami mengajak sekolah-sekolah kita bikin motor listrik, mobil listrik, coldstorage dan lain-lain bukan semata-mata kita ingin buat industri motor listrik, tapi kita hanya mengingatkan bahwa anak-anak NTB mampu membuktikan semuanya,” tegas Zulkieflimansyah di hadapan ratusan siswa SMK se-NTB.

Oleh karena itu, Gubernur berharap siswa-siswa SMK dan sekolah-sekolah di NTB menjadi familier dengan hadirnya STIP dan menjadikanya sebagai ruang inspirasi bagi potensi-potensi yang dimiliki oleh anak NTB.

Kemudian, dia menjelaskan, STIP telah menyediakan berbagai pelatihan untuk mengasah kemampuan anak-anak NTB, baik yang memiliki potensi di bidang permesinan, pertanian, peternakan, teknologi, maupun berbagai potensi lainnya.

“Siapa pun yang ingin berinvestasi dan memanfaatkan area STIP, tanpa harus membayar. Tapi setelah beberapa tahun sukses harus keluar dan mendistribusikan banyak kebaikan untuk NTB,” imbuh Gubernur.

“Terima kasih kepada Dikbud NTB yang telah menginisiasi kegiatan ini. Mudah-mudahan masa depan NTB gemilang bukan lagi cerita, tapi kenyataan yang akan dihidangkan di masa depan,” tututnya.

Sementara itu, Kepala Dikbud NTB, Aidy Furqon menjelaskan, malam penganugerahan penghargaan SMK Gemilang Karya tahun 2021 merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan, di antaranya festival dan lomba seni siswa dengan tujuh mata lomba, penutupan pameran gerai SMK yang merupakan hasil karya siswa-siswi SMK se-NTB, inovasi pengembangan SMK untuk melakukan kerja sama dengan dunia industri, dunia kerja dan usaha.

“Sedangkan malam ini merupakan puncak dari Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tahun 2021 yang meliputi 40 mata lomba yang diikuti sebanyak 133 siswa SMK di seluruh NTB,” jelasnya. (ser/kominfo/ln)