Daerah  

Termasuk Veda Ega Pratama, Empat Pembalap Honda Siap Beraksi di Kejurnas Sportbike 250 Cc WSBK Mandalika 2023

Mataram, ntbnews.com – Juara Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022, Veda Ega Pratama dipastikan akan tampil di Kejurnas Sportbike 250 Cc WSBK Mandalika 2023, di Sirkuit Mandalika pada 3-5 Maret mendatang.

Dalam Kejurnas Sportbike 250 Cc WSBK Mandalika 2023, Veda Ega Pratama akan tampil bersama empat pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) lainnya, yakni Rheza Danica Ahrens, Herjun Atna Firdaus, dan Muhammad Kiandra Ramadhipa.

“Empat pembalap AHRT yang ikut di IATC Mandalika juga dipastikan akan hadir dan telah terdaftar. Yang lainnya masih nunggu dan masih mempersiapkan diri dimana sejauh ini confirmed by lisan saja,” ungkap Ketua Penyelenggara Mandalika Racing Series 2023 dari PRIDE Club. Arif Syahbani, dalam keterangannya, Selasa (21/2/2023).

Arif menerangkan, Kejurnas motor sportbike sudah 4 tahun tidak diselenggarakan. Menurut dia, momen penyelenggaraan WSBK Mandalika 2023, dan restu dari Dorna Sports, menjadi momen yang tepat untuk kembali menyelenggarakan kejurnas balap motor sportbike.

“Target kita ada sekitar 25 pembalap bisa hadir di Kejurnas Sportbike WSBK Mandalika 2023 karena harapan kita nantinya mereka bisa punya prestasi di lintasan yang akan digunakan untuk kejuaraan Asia dan MotoGP,” ujarnya.

Dari 25 pembalap yang akan tampil di Kejurnas Sportbike tersebut dimungkinkan akan bergabung adalah Tim Yamaha dan Tim Honda karena dua pabrikan ini yang hanya punya kelas 250 Cc. Sementara untuk tim Kawasaki masih menunggu kepastian karena produknya masih baru dan belum sesuai dengan regulasi.

“Pabrikan Yamaha dan Honda ini punya logistik serta siap balap di ajang Sportbike WSBK Mandalika 2023,” papar Arif.

Jadi Supporting Race di WSBK Mandalika 2023

Direktur Utama MGPA Priandhi Satria mengungkapkan, Kejurnas Sportbike 250 Cc akan menjadi supporting race sebagai pengganti Asia Talent Cup (ATC) saat balapan WSBK Mandalika 2023 berlangsung.

“Awal tahun ini memang ATC ditiadakan sehingga MGPA bekerjasama dengan PRIDE Club serta Astha didukung oleh Ikatan Motor Indonesia sehingga membuat Kejurnas Sportbike 250 Cc di WSBK Mandalika 2023,” kata Priandhi.

Soal regulasi yang akan diterapkan tetap mengacu pada peraturan sebelumnya dengan pertimbangan kesiapan masing-masing tim akibat vakumnya kejuaraan sportbike ini. Aturan seperti One Make Tire menggunakan ban Pirelli telah ditetapkan oleh penyelenggara untuk kelas 250cc ini.

“Kejurnas Sportbike 250 Cc ini masih menggunakan regulasi lama dimana persiapan untuk penyelenggaraan event terbilang cukup singkat,” tandasnya.

Priandhi Satria, menyebutkan Kejurnas sportbike akan berlangsung sebanyak 3 seri. Seri pertama akan terasa spesial karena diselenggarakan tepat sebelum WSBK yang akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika pada 3-5 Maret 2023.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dorna Sports soal event Mandalika Racing Series ini dan mereka merespons positif,” katanya.

“Ajang Kejurnas Sportbike WSBK Mandalika 2023 ini adalah kesempatan bagi para rider Indonesia termasuk Veda Ega Pratama untuk tampil di hadapan para tim besar WorldSBK dan disaksikan puluhan ribu penonton di Sirkuit Mandalika,” kata Priandhi, menambahkan.(Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *