Menyongsong Indonesia Maju 2045, Milenial Perlu Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Menyongsong Indonesia Maju 2045, Milenial Perlu Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila

Jumat, 11 Juni 2021 08:06 WIB
Para pembicara bertukar pikiran dalam dialog publik yang diadakan HMI Badko Nusra-Bali. (Rizki/Ntb News)

Mataram, Ntbnews.com – Menanamkan nilai-nilai Pancasila sejatinya bisa dilakukan melalui berbagai cara. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk menjaganya, sehingga nilai-nilai Pancasila tak tergerus di tengah-tengah masyarakat.

Nilai-nilai Pancasila penting untuk meningkatkan kepedulian generasi milenial terhadap masyarakat. Sebab, perkembangan teknologi yang pesat di era digital ini kerap membuat generasi milenial kehilangan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.

Sebagai upaya meningkatkan kembali pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila pada masyarakat, khususnya generasi milenial, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Badan Koordinasi (Badko) Bali-Nusra menggelar dialog publik dengan tema Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Menyongsong Indonesia Maju 2045.

Akademisi Fakultas Hukum Unram, Taufan mengatakan, masyarakat Indonesia harus memiliki dan menerapkan nilai-nilai Pancasila yang tinggi untuk menyongsong Indonesia maju 2045.

“Dalam hal ini masyarakat diharapkan mampu menyesuaikan diri dengan lingkungannya di era modern ini,” tegasnya di Mataram, Kamis (10/6/2021).

Dia melanjutkan, pada tahun 2045, saat berusia 100 tahun, Indonesia diproyeksikan menjadi negara maju. Untuk mewujudkannya diperlukan partisipasi masyarakat.

Pembangunan, pemerataan penduduk, optimalisasi SDM, ekonomi dan juga pendidikan menjadi kunci dalam menyongsong Indonesia maju 2045.

“Untuk menuju Indonesia maju, tentunya kita sebagai warga negara harus ikut berpartisipasi dalam mewujudkan cita-cita tersebut, baik itu pemerintah maupun masyarakat. Itulah kunci menuju Indonesia maju,” ujarnya.

Untuk mendapatkan dan menyongsong bonus demografi pada 2045, Indonesia harus mengoptimalkan aspek-aspek tersebut sebagai pondasi awal menuju Indonesia maju.

Ia menyimpulkan, Indonesia maju tidak akan tercapai apabila masyarakat tak mewujudkan dan menanam nilai-nilai Pancasila. “Sebab, masyarakatlah yang menjadi pondasi awal menuju Indonesia maju,” tutupnya. (*)

Penulis: Rizki Ananda

Editor: Ufqil Mubin