Layanan Kesehatan Desa Tak Berfungsi, Tokoh Pemuda Ini Angkat Bicara

Layanan Kesehatan Desa Tak Berfungsi, Tokoh Pemuda Ini Angkat Bicara

Senin, 17 Mei 2021 20:05 WIB
Tokoh pemuda Desa Tangga Baru, Adi Markus. (Istimewa)

Bima, Ntbnews.com – Masyarakat Desa Tangga Baru, Kecamatan Monta, Kabupaten Bima dalam beberapa tahun terakhir ini tak memperoleh layanan kesehatan dasar. Pasalnya, Polindes yang berlokasi di Dusun Tanjung Baru tersebut sudah lama ditinggal petugas medis.

Tokoh pemuda desa setempat, Adi Markus mendesak Kepala Puskesmas Monta untuk mengevaluasi kinerja bawahannya.

“Mendesak Kepala Puskesmas Kecamatan Monta agar merekomendasikan ahli kesehatan/pegawai kesehatan untuk menghuni Polindes tersebut,” ujar Adi, Senin, (17/5/2021).

Lanjut Adi, tugas, fungsi dan wewenang Puskesmas sebagaimana telah tercantum pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas. Untuk itu ia meminta Kepala Puskesmas untuk berkoordinasi, serta melakukan supervisi terhadap Petugas Kesehatan Desa (PKD) dan pos pelayanan kesehatan lainnya.

“Kepala Puskesmas Monta segera lakukan evaluasi di tingkatan wilayah Kecematan Monta. Karena Kepala Puskesmas Monta juga memiliki tugas pokok sesuai yang diamanatkan dalam Pasal 7. Kepala Puskesmas mempunyai tugas pokok memimpin, mengoordinasi, dan mengendalikan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan secara paripurna terhadap masyarakat dalam wilayah kerjanya,” papar dia.

Dia juga meminta Bupati Bima agar menegur tenaga kesehatan di wilayah Kecamatan Monta atas kelalaiannya dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Saya memita kepada Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri untuk menegur pegawai kesehatan yang ada di Kecamatan Monta yang telah lalai menjalankan tugasnya sebagai tenaga kesehatan,” tutupnya.

Penulis: Akbar

Editor: Ikbal Hidayat