Fraksi NasDem Tak Setuju Penyertaan Modal Pemerintah Daerah ke PD Wawo

Fraksi NasDem Tak Setuju Penyertaan Modal Pemerintah Daerah ke PD Wawo

Jumat, 23 Juli 2021 19:07 WIB

Bima, ntbnews.com – Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPRD Kabupaten Bima mengaku tak setuju dengan penyertaan modal pemerintah daerah kepada PD Wawo.

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bima yang juga berasal dari Fraksi NasDem, Edy Mukhlis, tak setuju atas keputusan yang dikeluarkan DPRD kabupaten Bima yang menyetujui penyertaan modal pemerintah tersebut. Ia menilai persetujuan DPRD itu cacat secara hukum.

“Itu cacat secara hukum dan melanggar kode etik,” tegas Edy kepada Ntbnews.com, Jumat (23/7/2021).

Dia menyebutkan, saat ini telah dilakukan refocusing anggaran secara besar-besaran. Apabila dipaksakan penyertaan modal kepada PD Wawo, maka hal itu dapat merusak kepentingan rakyat.

“Jika kita memaksakan penyertaan modal, apa yang akan terjadi? Uangnya tidak ada,” tegas Edy.

Kata dia, APBD Kabupaten Bima lebih baik diprioritaskan untuk infrastruktur dan pembangunan yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Apalagi selama ini publik mempertanyakan kinerja PD Wawo dalam memberikan kontribusi terhadap pendapatan daerah. “PD Wawo lagi gulung tikar sekarang,” terangnya.

Edy menerangkan, pemerintah daerah tak boleh menyuntikkan modal kepada PD Wawo. Pasalnya selama ini BUMD tersebut belum mampu mencapai target yang ditetapkan bersama pemerintah daerah.

“Nanti dulu penyertaan modalnya. Kalau pemerintah daerah mau memberikan penyertaan modal, padahal PD Wawo sekarang masih dirundung masalah. Sampai saat ini belum selesai masalahnya. Karena itu, PD Wawao masih dianggap bermasalah,” ungkap Edy.

Dia berharap pemerintah daerah fokus menyelesaikan beberapa kasus seperti kekurangan air dan kasus pegawai PDAM yang sudah dua tahun tak menerima gaji.

“Bahkan PD Wawo juga diduga kuat terseret di dalam pusaran skandal 26 miliar dan berbagai kasus lainnya,” tutup Edy. (*)

Penulis: Arif Sofyandi
Editor: Ufqil Mubin