Daerah  

Dapat Beasiswa dari AIU, 32 Mahasiswa NTB Segera Berangkat ke Malaysia

Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi

NTBNEWS.COM-  Pemprov NTB terus mendorong kemitraan yang saling menguntungkan dengan beberapa perguruan tinggi luar negeri. Salah satunya dengan Al-Bukhari Internasional University (AIU), Malaysia.

Melalui kerja sama tersebut, di bulan Desember 2023 nanti, Pemprov NTB akan mengirim 32 mahasiswa untuk kuliah S1 di Al-Bukhari Internasional University.

“Diperkirakan awal bulan Desember kita berangkatkan dan itu dibiayai penuh oleh Universitas selama 4 tahun. Seperti biaya hidup, biaya kuliah sampai biaya keberangkatan dan kepulangan ke Malaysia itu dibiayai,” kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Iptek, Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) NTB, Ahmad Muslim, Selasa, 28 November 2023.

Selama kurun waktu empat tahun itu, AIU akan membiayai per mahasiswa sebesar Rp300 juta. Sementara jumlah mahasiswa NTB yang mendapat beasiswa tersebut sebanyak 32 orang.

“Sementara Pemprov hanya menyediakan keberangkatan, visa, selebihnya biaya hidup dan kuliah selama 4 tahun dibiayai oleh kampus,” ungkapnya.

Setiap tahunnya, AIU Malaysia menyediakan kuota untuk anak-anak NTB. Pada tahun 2022 lalu, Pemprov NTB mengirimkan 23 siswa untuk melanjutkan studi S1 di AIU. Tahun ini bertambah, yakni sebanyak 32 orang dari yang diajukan 40 orang.

“Ini angkatan yang kedua. Seleksi dilaksanakan sekitar bulan April kemarin, sekarang anak-anak sedang mengurus Visa,” ujarnya.

Sementara itu, untuk program Magister atau S2, sedang dalam proses negosiasi dengan pihak AIU. Tahun lalu, pihak universitas memberi tawaran berupa diskon 50 persen untuk biaya kuliahnya. Artinya, 50 persen ditanggung Pemprov NTB dan 50 persennya lagi ditanggung universitas.

“Kalau untuk S2 nya sedang kita siapkan kerja samanya  dengan Al-Bukhari. Tahun kemarin kita ada tawaran, itu ada diskon 50 persen. Besok kita berangkat ketemu sama rektor kita minta dibiayai gratis juga sama dengan S1,” tutupnya.

Sebagai informasi, Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi melepas 32 siswa penerima beasiswa tersebut, pada Senin, 27 November 2023 kemarin, di Gedung Graha Bhakti Praja, Kantor Gubernur NTB.

“Putra-putri terbaik NTB tersebut akan berangkat ke Malaysia bulan Desember ini,” kata Gita.

Hal ini, lanjut Gita, tidak lepas dari ikhtiar Pemprov NTB dalam membina hubungan baik dengan Perguruan Tinggi (PT) di Malaysia kaitannya dengan program Beasiswa NTB.

“Saat ini, 32 penerima Beasiswa NTB – AIU Malaysia tengah dalam proses pembuatan Visa Student, untuk memenuhi syarat masuk sebagai “foreigner student” di Malaysia,” jelasnya. (MYM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *