Cuaca di Wilayah Bima-Dompu Tak Lagi Ekstrem, tapi Gelombang Laut Capai 6 Meter

Cuaca di Wilayah Bima-Dompu Tak Lagi Ekstrem, tapi Gelombang Laut Capai 6 Meter

Rabu, 7 April 2021 21:04 WIB
Forecaster On Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bima, Surya Tri Darma Putra. (Ntb News/Nur Hasanah)

Bima, Ntbnews.com – Forecaster On Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bima, Surya Tri Darma Putra mengatakan, cuaca di wilayah Bima dan Dompu dalam tiga hari ke depan berawan dan hujan ringan.

Dia menjelaskan, angin kencang di lapisan udara membuat pembentukan awan terhambat. Hal ini mengakibatkan intensitas hujan berkurang.

“Tetapi untuk hujan ringan serta berpotensi tidak hujan ringan bisa terjadi ke depan,” kata dia, Rabu (7/4/2021).

Surya menyebutkan, Siklon Tropis Seroja yang mulai terjadi pada 5 April lalu semakin menjauh dari wilayah Indonesia.

Saat ini siklon yang mengakibatkan cuaca ekstrem itu sedang menuju arah barat daya. Kecepatannya 6 kilometer per jam.

Pergerakannya pun semakin menjauh dari wilayah Bima dan Dompu, sehingga cuaca di sejumlah daerah tersebut tak seburuk waktu awal pembentukan Siklon Tropis Seroja.

Namun, ketinggian gelombang akibat siklon itu meningkat dalam beberapa hari terakhir, bahkan ketinggiannya mencapai 6 meter.

“Saat ini kita perhatikan ketinggian gelombang masih dalam ketinggian 4-6 meter,” jelas Surya.

Dia pun mengingatkan agar para nelayan tak melaut. Jika pun berada di laut, ia meminta mereka supaya waspada dan berhati-hati.

“Jangan terlalu nekat atau berani untuk melaut saat ini karena cukup berbahaya dengan kondisi ketinggian gelombang yang seperti itu,” ungkapnya.

Ia juga mengingatkan warga agar berhati-hati terhadap hoaks yang beredar di media sosial terkait tsunami karena gelombang yang mencapai 6 meter.

“Itu hanya sebuah fenomena biasa. Kalaupun ada kemungkinan akan banjir rob, itu akibat peningkatan ketinggian gelombang yang signifikan,” jelas Surya. (*)

Penulis: Nur Hasanah

Editor: Ahmad Yasin