FUI dan OKP Kota Bima Lakukan Aksi Solidaritas untuk Palestina

FUI dan OKP Kota Bima Lakukan Aksi Solidaritas untuk Palestina

Jumat, 21 Mei 2021 20:05 WIB
Prosesi dialog antara para demonstran dengan anggota dewan. (Akbar/Ntb News)

Kota Bima, Ntbnews.com – Aksi solidaritas untuk Palestina terus mengalir. Gelombang protes agresi militer Israel terhadap Palestina tidak hanya datang dari mancanegara. Kecaman terhadap tindakan Zionis Israel juga ditunjukkan masyarakat Kota Bima.

Forum Umat Islam (FUI) dan beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP) Kota Bima menggelar aksi besar-besaran sebagai bentuk dukungan atas Palestina.

Burhannudin yang merupakan salah seorang massa aksi menyebut, unjuk rasa tersebut juga dibarengi dengan penggalangan dana untuk Palestina.

“Dalam rangka melakukan aksi solidaritas membela Palestina, kami melakukan penggalangan dana untuk kaum muslim dan muslimah di Palestina,” ungkap Burhan, Jumat (21/5/2021).

Iring-iringan ratusan kendaraan roda dua dan roda empat para demonstran memadati Jalan Gajah Mada dan Jalan Soekarno-Hatta menuju Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Kantor Wali Kota Bima.

“FUI dan OKP Kota Bima melakukan konvoi keliling kota mulai dari ujung barat sampai ujung timur Kota Bima. Baru kemudian tiba di Kantor DPRD Kota Bima dan Kantor Wali Kota Bima,” ungkapnya.

Di Kantor DPRD Kota Bima, ratusan massa aksi disambut oleh beberapa anggota dewan. Mereka meminta dukungan kepada legislatif atas aksi kemanusiaan untuk Palestina.

“Kami menyampaikan orasi di depan Kantor DPRD Kota Bima selama lebih kurang 5 menit. Kami meminta kepada anggota DPRD Kota Bima merespons baik aksi yang dilakukan oleh FUI dan OKP lain,” bebernya.

Sementara itu, anggota dewan dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Taufik menyampaikan apresiasi dan dukungan kepada para demonstran yang tetap menggelar aksi meski di bawah terik matahari.

“Saudara-saudaraku FUI masih punya hati untuk bergerak berbagi pederitaan dengan saudara seiman, kaum muslim di Palestina. Saya mewakili ketua dan anggota DPRD Kota Bima mendukung dan membantu kegiatan FUI hari ini,” beberTaufik.

Pada kesempatan yang sama, Hasnah Madi Lau yang juga anggota DPRD dari Fraksi Partai Keadilan Sejahterah (PKS), mengaku ikut bersimpati atas tragedi kemanusiaan yang dialami rakyat Palestina.

“(Karena itu), kami 25 anggota DPRD Kota Bima mendukung aksi simpati terhadap Palestina. FUI dan OKP ini adalah bentuk aksi nyata untuk muslim dunia,” pungkas dia.  

Selanjutnya, para demonstran kembali melanjutkan aksinya di depan Kantor Wali Kota Bima. Sayangnya, baik Wali Kota maupun Wakil Wali Kota tak berada di gedung putih tersebut.

Berdasarkan pantauan Ntb News di lapangan, massa aksi yang merasa kecewa berhasil menerobos gerbang dan berorasi sebelum membubarkan diri. (*)

Penulis: Akbar

Editor: Ikbal Hidayat