Pemcam Muara Kaman Rela Antar Dokumen ke Desa-desa

Camat Muara Kaman, Barliang

KUTAIKARTANEGARA- Ingin memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat, Pemcam Muara Kaman rela mengantarkan dokumen publik yang dianggap penting langsung ke warga.

“Ini demi memudahkan layanan dan mengurangi beban masyarakat tidak mampu, yang tersebar di 20 Desa se Kecamatan,” sebut Camat Muara Kaman, Barliang, belum lama ini.

Dirinya merinci, dokumen yang diantar langsung meliputi, KTP, KK, Surat Keterangan Tidak Mampu(SKTM) dan Surat Tanah. Dan pengantaran langsung dokumen publik, bisa dengan berbagai cara, bisa dengan menitipkan kepada orang Pemdes yang menjadi narahubung, bisa juga diantarkan langsung.

“Kalau ada staf Kecamatan yang pulang kerja, kebetulan melewati beberapa rumah warga yang satu jalur, juga diantar langsung ke warga,” sebutnya.

Selain itu, karena sinyal internet juga terkadang alami gangguan, juga menjadi pertimbangan tersendiri, untuk buka layanan antar.

Warga yang berurusan ke kantor Camat, pas internet alami gangguan, dari pada harus menunggu waktu lama, sebaiknya warga pulang dulu, nanti dokumennya kami yang antar.

Dan ada juga, jarak tempuh yang terlalu jauh, yang mengharuskan dokumen diantar langsung, seperti Desa Kupang Baru menuju kantor Kecamatan dengan menggunakan perahu sped ongkos sekali jalan ongkosnya Rp 1 juta, pulangnya Rp 1 juta lagi, jadi warga Kupang baru harus menyiapkan Rp 2 juta jika harus berurusan.

“Untuk desa jauh yang harus diantar memakai jalur sungai, kebetulan kami sudah punya perahu sendiri, untuk mengantar ke desa-desa yang ditempuh dengan jalur sungai,” pungkasnya.(ADV43/Red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *