PA Tenggarong Punya Program Inovasi, Pemkab Kukar Apresiasi

Peluncuran program Si Layar oleh PA Tenggarong

KUTAIKARTANEGARA- Selasa (30/4) Pengadilan Agama(PA) Tenggarong meluncurkan beberapa program inovasi dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang ingin mencari keadilan, salah satunya layanan responsif atau si Layar. Peluncuran dihadiri beberapa mitra kerja PA Tenggarong.

Atas beberapa program inovasi, Pemkab Kukar memberikan apresiasi. Kepala PA Tenggarong, Reni Hidayati menyebut, diakui wilayah Kukar merupakan terluas nomor 2 di Kaltim. Butuh Inovasi agar masyarakat bisa terlayani dengan baik.

“Makanya kita cetuskan si Layar, lebih cepat tepat dan berproses. Mempercepat keadilan dalam satu genggaman. Si Layar dapat diundu di play store android,” sebutnya.

Beberapa layanan tersaji si Layar, mulai dari pendaftaran, putusan, regulasi hingga besar tarif, yang masuk kepada Pendapatan Negara Bukan Pajak(PNBP). Selain itu, PA Tenggarong juga adakan kerjasama dengan Kementerian Agama(Kemenag) Kukar.

“Dalam bentuk pendelegasian regulasi untuk perwakilan Kemenag yang ada di Kecamatan seperti akte cerai,” ungkapnya.

Reni mengakhiri lembaganya terus berikan prestasi sehingga mendapatkan penghargaan, sebagai lembaga peradilan yang informatif dan layanan punya terbaik di Kaltim.

“Kami juga menyediakan ruang tunggu yang nyaman, bagi yang sedang menyelesaikan perkara di kantor PA Tenggarong,” pungkasnya.

Asisten III Bidang Pemerintahan Umum, Dafip Haryanto mengapresiasi program inovasi dari PA Tenggarong. Apa yang dilakukan PA Tenggarong, bagian aktualisasi peningkatan layanan kepada masyarakat.

“Ini indikator, perkembangan teknologi informasi yang pesat, meramba lembaga peradilan,” sebut Dafip, yang mewakili Bupati Kukar.

Selain itu, sebut Dafip, PA Tenggarong sudah jalankan, UU pelayanan publik. Perkara persidangan secara digital. Sejak 2021, Pemkab Kukar komitmen penyederhanaan layanan publik, dengan berbasis web, medsos atau aplikasi lainnya.

“Kami sangat apresiasi, semoga pelayanan digitalnya semakin meningkat,” ucapnya.(ADV83/Red01)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *