Gerai Disdukcapil Kukar di MPP Dikunjungi Unmul Samarinda

Gerai Disdukcapil Kukar di MPP di Kunjungi Tim Unmul.

KUTAIKARTANEGARA- Gerai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil(Disdukcapil) Kukar yang ada di Mall Pelayanan Publik(MPP) Kukar, dikunjungi tamu visiting dari Unmul Samarinda, Jumat(8/3) pagi.

“Tujuannya ingin melihat secara langsung, pelayanan yang diberikan ke masyarakat di MPP, Disdukcapil jadi sasarannya,” sebut Kepala Disdukcapil Kukar, Muhammad Iryanto.

Iryanto menjabarkan, pelayanan Gerai Disdukcapil di MPP lumayan padat jika dibandingkan sama gerai layanan lembaga lainnya yang tersedia, karena menyangkut administrasi Kependudukan(Adminduk) yang menjadi kebutuhan dasar.

“25 persen pusat layanan Adminduk di MPP,” terangnya.

Gerai Disdikcapil sangat besar, untuk menunjang kinerja pegawai Disdukcapil yang berikan layanan secara langsung. Yang paling dominasi, ada pada permintaan rekam dan cetak e-KTP, pindah tempat tinggal, sampai pembuatan Kartu Keluarga(KK).

“Yang paling banyak memang melayani itu,” tegasnya.

Total layanan Adminduk per harinya, disebut Iryanto tembus 1.000 permohonan bahkan bisa lebih per harinya. Terpusatnya tetap berada di kantor Disdukcapil.

“Sekitar 75 persen layanan berpusat di kantor kami,” sebutnya.

Bagi masyarakat yang ingin mengajukan layanan Adminduk, tidak harus datang ke kantor Disdukcapil yang ada di Tenggarong. Karena permohonan layanan sudah berbasis online dan mudah untuk mengakses.

“Tinggal masyarakat saja mau mengakses atau tidak layanan online, kami berikan. Hampir rata-rata sudah banyak yang ngajukan layanan online. Gangguan hanya persoalan jaringan internet saja,” ujarnya.(Adv02/Red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *