Distanak Kukar Bangun 89 Titik Irigasi, Perkuat Sektor Pertanian

Kadistanak Kukar, Muhammad Taufik

KUTAIKARTANEGARA- Dinas Pertanian dan Peternakan(Distanak) Kukar menargetkan, bangun 89 titik irigasi, sebagai penunjang penting sektor pertanian di Kukar.

“Kami akan membangun sebanyak 89 titik irigasi,” ucap Kadistanak Kukar, Muhammad Taufik, Selasa(26/3) kepada wartawan.

Dirinya menyebut, Ini bagian dari target masa kepemimpinan Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, periode 2021-2026. Pembangunan irigasi dilakukan secara merata di seluruh Kecamatan se Kukar. Pembangunan tersebut bertujuan untuk mengatasi kendala pasokan air, pada sektor pertanian.

“Sudah terasa di Desa Rapak Lambur Kecamatan Tenggarong, kita sudah memperluas jaringan pipanisasi, untuk meningkatkan pasokan air. mengaliri lahan pertanian,” sebutnya.

Taufik memastikan, langkah tersebut dilakukan merupakan komitmen dan dukungan pemerintah daerah, terhadap sektor pertanian. Karena sektor pertanian menjadi program strategis Pemkab Kukar

“Kami terus berupaya memajukan sektor pertanian, berbagai upaya telah dilakukan baik pembangunan irigasi, pompanisasi, pipanisasi, hingga pembagian pupuk subsidi,” ujarnya.

Pihaknya akan memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan para petani dan merealisasikannya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Ia juga menyebutkan, bantuan sarana dan produksi (saprodi) pertanian mendapatkan apresiasi dari para petani. Karena para petani merasa terbantu dengan adanya bantuan saprodi dari pemerintah daerah.

“Petani Kukar banyak yang mendapat bantuan dari kita, petani menilai bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk mendukung sektor pertanian,” tuturnya.(ADV37/Red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *