Akan Dibangun TPI di Anggana

Bupati Edi Damansyah saat meninjau perikanan di Anggana

KUTAIKARTANEGARA- Salah satu kecamatan penyumbang sektor perikanan di Kukar, di Kecamatan Anggana akan dibangun Tempat Pelelangan Ikan(TPI) di Desan Sungai Meriam.

Inisiatif ini diharapkan akan menjadi katalis yang mendorong perputaran ekonomi di sektor perikanan Anggana, memberikan kemudahan akses langsung nelayan ke pasar yang lebih luas dan efisien.

“Dengan TPI baru ini, kami berharap dapat meningkatkan nilai jual hasil tangkapan nelayan. Ini bukan hanya tentang infrastruktur, tetapi juga tentang memperkuat komunitas nelayan dan pembudidaya ikan di Anggana,” sebut Kadis Kelautan dan Perikanan(DKP) Kukar, Muslik.

Langkah ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah untuk tidak hanya meningkatkan produksi, tetapi juga memastikan bahwa manfaat ekonomi dirasakan langsung oleh nelayan yang berada di garis depan industri perikanan.

“Anggana yang terkenal dengan perikanan pembudidayaannya,” ucapnya.

Muslik melengkapi data produksi perikanan budidaya meningkat tajam sebesar 51 persen, dengan capaian produksi 191.122,52 ton pada tahun 2023 dari sebelumnya 126.773 ton.

Program perikanan yang digulirkan Bupati Edi dan Wabup Rendi Solihin, ini tidak hanya meningkatkan nilai produksi perikanan Kukar menjadi Rp8,92 triliun pada 2023 dari sebelumnya Rp6,99 triliun, tetapi juga meningkatkan Nilai Tukar Nelayan Kukar menjadi 103 pada 2023, mendekati target akhir renstra sebesar 105.

Capaian imersif tersebut tak lepas dari keseriusan Edi Damansyah membangun sektor perikanan. Dari Program Dedikasi Idaman yang diusung, para nelayan dan pembudidaya perikanan produktif memang menjadi salah satu target strategisnya. Ada 25 ribu orang yang disasar dengan ragam bantuan.

“Sudah 25 Ribu nelayan, yang menikmati fasilitas nelayan dan pembudidaya ikan. Tahun ini sudah mencapai target,” tegasnya.(ADV21/Red01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *